Pages

Labels

Senin, 03 Februari 2014

Ngantuk Saat Belajar? Usir Saja dengan Snowball Throwing

Jam terakhir pelajaran seringkali menjadi masalah dalam pembelajaran. Melihat siswa banyak yang ngantuk pada saat pelajaran jam terahir menjadi tantangan bagi guru untuk bisa menghilangkan situasi tersebut dalam proses belajar. Jika hal tersebut tidak cepat diatasi, maka dapat dipastikan siswa menjadi pasif dan tidak termotivasi dalam belajar. Mungkin inilah salah satu penyebab nilai siswa tidak dapat mencapai KKM.

Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengajak siswa bergerak secara fisik untuk menghindari kantuk, tentu saja tetap fokus pada pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar mereka dengan harapan prestasi mereka dapat meningkat.


Dipilihlah metode pembelajaran snowball throwing yang dapat melibatkan siswa aktif dan semangat dalam proses pembelajaran.

Langkah langkah yang ditempuh dalam pembelajaran ini sebagai berikut: (1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (2) Guru membentuk kelompok siswa dengan jumlah 5-6 siswa per-kelompok. (3) Memanggil masing-masing ketua kelompok untuk diberi penjelasan tentang materi. (4) Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada anggotanya. (5) Kemudian masing-masing siswa diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. (6) Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain. (7) Siswa yang mendapat lemparan bola diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut.

Selama proses snowball throwing terjadi, suasana kelas sangat dinamis dan terdengar gaduh tetapi masih dalam koridor belajar. Siswa yang pada pertemuan sebelumnya mengantuk kini tidak lagi, karena mereka harus berkonsentrasi menerima lemparan soal dan menjawabnya. Siswa aktif dan semangat dalam membahas dan menyelesaikan materi yang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan untuk dapat mencapai KKM.


Berikut secara rinci Langkah-langkah model pembelajaran snowball throwing:
(1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
(2) Guru membentuk kelompok siswa dengan jumlah 5-6 siswa per-kelompok.
(3) Memanggil masing-masing ketua kelompok untuk diberi penjelasan tentang materi.
(4) Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada anggotanya.
(5) Kemudian masing-masing siswa diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
(6) Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain.
(7) Siswa yang mendapat lemparan bola diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut.
(8) Bersama-sama menyimpulkan pembelajaran.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar