Maraknya penggunaan internet yang kurang produktif di
kalangan siswa perlu digeser ke arah positif dan produktif. Membuat blog
sebagai log-book pelajaran menjadi salah satu jawaban terhadap
persoalan tersebut.
Internet memang seperti
pisau bermata dua, bisa berdampak positif dan bisa pula berdampak
negatif dalam penggunaannya. Dalam pengamatan saya sebagai guru TIK,
kebanyakan siswa menggunakan internet untuk bersosial media, dan maaf
kata di antara mereka ada pula yang menggunakannya dengan tidak bijak
seperti membuka situs yang belum selayaknya mereka lihat. Keadaan ini
tentu saja menjadi permasalahan dan tantangan tersendiri yang bila tidak
dapat dikendalikan akan merusak generasi muda kita.
Penggunaan
internet memang sudah marak hampir di semua kalangan dan semua umur.
Tetapi penggunaan internet dengan bijak perlu ditanamkan kepada siswa
sejak dini, agar mereka tidak salah dan terjerumus ke dalam penggunaan
internet yang bisa berdampak negatif. Oleh karena itu, guru TIK perlu
membekali siswa-siswanya untuk bijak menggunakan internet. Salah satu
caranya dengan mengajarkan mereka membuat blog.
Pembelajaran dilakukan di lab. Komputer dengan sistematika:
- Membuat email bersama (bagi yang siswa yang sudah punya email tidak perlu membuat lagi).
- Penggunaan satu komputer untuk dua siswa, karena jumlah masih terbatas.
- Memandu siswa langkah-langkah membuat blog melalui layar LCD.
- Tiap dua orang membuat satu blog berdasarkan panduan.
- Mengisi konten blog (pada sesi ini siswa diminta mengisi dengan konten-konten yang mengandung unsur pendidikan).
- Mempresentasikan blog masing-masing pada pertemuan selanjutnya.
- Mengevaluasi blog yang telah dibuat oleh siswa.
Proses
pembelajaran ini berlangsung selama tiga kali tatap muka, sampai semua
siswa mampu membuat dan mengoperasionalkan blog yang mereka buat.
Saya
sebagai pengajar dibidang TIK merasa senang melihat perkembangan
siswa-siswa saya, yang biasanya mereka hanya membuka internet untuk
FaceBook atau melihat foto artis, tapi sekarang sudah mulai bisa
mendesain blog dengan kreatif. Tingkat pendidikan |
:
|
SMP/MTs |
Lingkup pendidikan |
:
|
kelas |
Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting? Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa? |
:
|
|
Tujuan praktik yang baik |
:
|
|
Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan |
:
|
Pembelajaran dilakukan di lab. Komputer dengan sistematika:
|
Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik |
:
|
|