Pages

Labels

Senin, 03 Februari 2014

TIK: Bijak Berinternet dengan Blog

Maraknya penggunaan internet yang kurang produktif di kalangan siswa perlu digeser ke arah positif dan produktif. Membuat blog sebagai log-book pelajaran menjadi salah satu jawaban terhadap persoalan tersebut.

Siswa membuat blog dipandu guru TIK
Internet memang seperti pisau bermata dua, bisa berdampak positif dan bisa pula berdampak negatif dalam penggunaannya. Dalam pengamatan saya sebagai guru TIK, kebanyakan siswa menggunakan internet untuk bersosial media, dan maaf kata di antara mereka ada pula yang menggunakannya dengan tidak bijak seperti membuka situs yang belum selayaknya mereka lihat. Keadaan ini tentu saja menjadi permasalahan dan tantangan tersendiri yang bila tidak dapat dikendalikan akan merusak generasi muda kita.
Penggunaan internet memang sudah marak hampir di semua kalangan dan semua umur. Tetapi penggunaan internet dengan bijak perlu ditanamkan kepada siswa sejak dini, agar mereka tidak salah dan terjerumus ke dalam penggunaan internet yang bisa berdampak negatif. Oleh karena itu, guru TIK perlu membekali siswa-siswanya untuk bijak menggunakan internet. Salah satu caranya dengan mengajarkan mereka membuat blog.
Pembelajaran dilakukan di lab. Komputer dengan sistematika:
  • Membuat email bersama (bagi yang siswa yang sudah punya email tidak perlu membuat lagi).
  • Penggunaan satu komputer untuk dua siswa, karena jumlah masih terbatas.
  • Memandu siswa langkah-langkah membuat blog melalui layar LCD.
  • Tiap dua orang membuat satu blog berdasarkan panduan.
  • Mengisi konten blog (pada sesi ini siswa diminta mengisi dengan konten-konten yang mengandung unsur pendidikan).
  • Mempresentasikan blog masing-masing pada pertemuan selanjutnya.
  • Mengevaluasi blog yang telah dibuat oleh siswa.
Proses pembelajaran ini berlangsung selama tiga kali tatap muka, sampai semua siswa mampu membuat dan mengoperasionalkan blog yang mereka buat.
Saya sebagai pengajar dibidang TIK merasa senang melihat perkembangan siswa-siswa saya, yang biasanya mereka hanya membuka internet untuk FaceBook atau melihat foto artis, tapi sekarang sudah mulai bisa mendesain blog dengan kreatif. 




Tingkat pendidikan
:
SMP/MTs
Lingkup pendidikan
:
kelas
Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting? Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa?
:
  • Penggunaan internet di kalangan siswa harus diarahkan ke hal-hal yang positif. Mengingat banyak kejadian buruk akibat penyalahgunaan penggunaan internet.
  • Meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran TIK.
Tujuan praktik yang baik
:
  • Siswa dapat menggunakan internet untuk hal-hal positif dan produktif
  • Meningkatkan keterampilan siswa di bidang TIK.
Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan
:
Pembelajaran dilakukan di lab. Komputer dengan sistematika:
  • Membuat email bersama (bagi yang siswa yang sudah punya email tidak perlu membuat lagi).
  • Penggunaan satu komputer untuk dua siswa, karena jumlah masih terbatas.
  • Memandu siswa langkah-langkah membuat blog melalui layar LCD.
  • Tiap dua orang membuat satu blog berdasarkan panduan.
  • Mengisi konten blog (pada sesi ini siswa diminta mengisi dengan konten-konten yang mengandung unsur pendidikan).
  • Mempresentasikan blog masing-masing pada pertemuan selanjutnya.
  • Mengevaluasi blog yang telah dibuat oleh siswa.
Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik
:
  • Siswa tidak lagi keseringan menggunakan internet hanya untuk facebook dan hal-hal lain yang kurang berguna.
  • Siswa dapat membuat blog sebagai pengembangan keterampilan TIK.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar